quickedit{ display:none;

hello kitty

Sabtu, 16 Mei 2015

Pemasaran Sosial Kebidanan



Pemasaran Sosial


Definisi secara umum :

Menu rut Trioso Punawarman (2001)
Pemasaran adalah suatu proses sosial & manajerial dimana individu & kelompok mendapatkan kebutuhan & keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan & bertukar sesuatu yg bernilai satu sama lain.
Pemasaran sosial : penerapan konsep & teknik  pemasaran untuk mendapatkan manfaat social

4 alat pemasaran alat :

1.       Product (product) : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi & yg dapat memuaskan keinginan & kebutuhan.

2.       Harga (price) : sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa.


3.       Tempat/saluran pemasaran (plate) : terdiri dari seperangkat lembaga yg melakukan semua kegiatan/fungsi yg digunakan untuk menyalurkan produk & status kepemilikan dari produsen ke konsumen

4.       Promosi (promotion) : komunikasi informasi penjual & pembeli yg bertujuan untuk merubah sikap & tingkah laku pembeli yg tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli & tetap mengingat produk tersebut



Pengertian pemasaran sosial jasa kebidanan
    Adalah pelayanan atau asuhan kebidanan yang ditujukan bagi klien (wanita atau ibu hamil & bayinya) yang diberikan oleh bidan yang telah selesai mengikuti pendidikan kebidanan & di akui oleh Negara

   Promosi jasa
    Adalah upaya untuk mempromosikan jasa kebidanan kepada masyarakat (klien) yang membutuhkan pelayanan atau asuhan.
    Pelayanan kesehatan memiliki karakteristik yang spesifik karena berhadapan langsung dengan individu

  Karakteristik promosi jasa dalam pelayanan kesehatan

1.       Bersifat sukarela
     Tidak memaksa klien untuk menggunakan pelayanan yang ditawarkan

2.       Kontak secara personal
     Tenaga kesehatan harus melakukan kontak langsung dengan klien melalui pendekatan social
3.        Berpacu dengan waktu
    Pelayanan kesehatan harus diberikan dengan segera dengan mempertimbangkan keadaan
4.        Sensitif (masalah kespro)
    Kespro merupakan hal yang paling sensitif dan pribadi sehingga sering kali klien sering nggan berkunjujng ke pelayanan kesehatan & membicarakan masalah tersebut

Peran pemasaran dalam pelayanan kesehatan

1.        Deferensi, agar dapat bersaing dengan profesi lain. Diversifikasi jenis layanan yang disertai dengan kemampuan akan memperluas cakupan klien

2.        Manajemen kualitas pelayanan, bidan harus mampu mengevaluasi diri mengenai kelebihan & kekurangan layanan kesehatan yang ia tawarkan pada klien, sehingga ia dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan

3.      Meningkatkan produktivitas, bidan dituntut untuk memperluas wawasan keilmuan serta ketrampilan teknisnya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada klien

Empat komponen utama promosi jasa dalam pelayanan kesehatan

1.        Klien atau pelanggan merupakan konsumen pelayanan kesehatan yang memiliki kedudukan penting
2.        Kompetisi yang dikelola dengan baik akan memotivasi bidan untuk menegvaluasi & mengembangkan diri

3.  Jaringan, jaringan diperlukan untuk memperluas cakupan pemasaran pelayanan kesehatan yang akan membantu kelancaran kegiatan pemasaran. Jaringan tersebut dapat berbentuk klinik, pelayanan di rumah, rujukan atau perusahaan / asuransi

4.   klinik, dalam pengelolaan klinik, diperlukan beberapa pertimbangan mencakup kekuatan merek, proses pelayanan, keunggulan kompetitif & tarif pelayanan



Tiga kelompok proses pemasaran pelayanan

1.        Internal, pemasaran pelayanan dilakukan melalui promosi internal, perawatan kemudahan, & role model
2.        Interaktif, pemasaran pelayanan dilakukan melalui rujukan interaksi individual & komunikasi verbal
3.        Eksternal, pemasaran pelayanan dilakukan melalui persiapan jasa, menetapkan harga, melakukan distribusi & mempromosikan jasa bernilai superior terhadap pelanggan



1 komentar:

  1. ▷ Casino Site ᐈ Best Live Dealer Casinos [2021]
    Read Casino Site reviews, ratings, latest bonus codes & promotions - ⏩ Play at the best Live Casino Sites in the UK on LuckyClub.Live Casino Games: luckyclub.live Over 100+Withdrawal Times: 24 HoursMinimum Deposit: £10Welcome Bonus: Welcome Bonus of £10

    BalasHapus