Pemasaran Sosial
Definisi
secara umum :
Menu rut Trioso Punawarman (2001)
Pemasaran adalah suatu proses sosial & manajerial dimana individu
& kelompok mendapatkan kebutuhan & keinginan mereka dengan menciptakan,
menawarkan & bertukar sesuatu yg bernilai satu sama lain.
Pemasaran sosial : penerapan konsep & teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat social
4 alat pemasaran alat :
1. Product (product) : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk
mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi & yg dapat
memuaskan keinginan & kebutuhan.
2. Harga (price) : sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh
produk atau jasa.
3.
Tempat/saluran
pemasaran (plate) : terdiri dari seperangkat lembaga yg melakukan semua
kegiatan/fungsi yg digunakan untuk menyalurkan produk & status kepemilikan
dari produsen ke konsumen
4.
Promosi (promotion) : komunikasi informasi
penjual & pembeli yg bertujuan untuk merubah sikap & tingkah laku
pembeli yg tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli
& tetap mengingat produk tersebut
Pengertian pemasaran sosial jasa kebidanan
Adalah pelayanan atau asuhan
kebidanan yang ditujukan bagi klien (wanita atau ibu hamil & bayinya) yang
diberikan oleh bidan yang telah selesai mengikuti pendidikan kebidanan & di
akui oleh Negara
Promosi jasa
Adalah upaya untuk
mempromosikan jasa kebidanan kepada masyarakat (klien) yang membutuhkan
pelayanan atau asuhan.
Pelayanan kesehatan memiliki
karakteristik yang spesifik karena berhadapan langsung dengan individu
Karakteristik
promosi jasa dalam pelayanan kesehatan
1. Bersifat sukarela
Tidak memaksa klien untuk menggunakan
pelayanan yang ditawarkan
2. Kontak secara personal
Tenaga kesehatan harus melakukan kontak
langsung dengan klien melalui pendekatan social
3. Berpacu dengan waktu
Pelayanan kesehatan harus diberikan dengan
segera dengan mempertimbangkan keadaan
4. Sensitif (masalah kespro)
Kespro merupakan hal yang paling sensitif
dan pribadi sehingga sering kali klien sering nggan berkunjujng ke pelayanan
kesehatan & membicarakan masalah tersebut
Peran
pemasaran dalam pelayanan kesehatan
1.
Deferensi, agar dapat
bersaing dengan profesi lain. Diversifikasi jenis layanan yang disertai dengan
kemampuan akan memperluas cakupan klien
2.
Manajemen kualitas
pelayanan, bidan harus mampu mengevaluasi diri mengenai kelebihan &
kekurangan layanan kesehatan yang ia tawarkan pada klien, sehingga ia dapat
terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan
3. Meningkatkan
produktivitas, bidan dituntut untuk memperluas wawasan keilmuan serta
ketrampilan teknisnya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang
diberikan pada klien
Empat
komponen utama promosi jasa dalam pelayanan kesehatan
1.
Klien atau pelanggan
merupakan konsumen pelayanan kesehatan yang memiliki kedudukan penting
2.
Kompetisi yang
dikelola dengan baik akan memotivasi bidan untuk menegvaluasi &
mengembangkan diri
3.
Jaringan, jaringan diperlukan untuk memperluas cakupan pemasaran
pelayanan kesehatan yang akan membantu kelancaran kegiatan pemasaran. Jaringan
tersebut dapat berbentuk klinik, pelayanan di rumah, rujukan atau perusahaan /
asuransi
4.
klinik, dalam pengelolaan klinik, diperlukan beberapa pertimbangan
mencakup kekuatan merek, proses pelayanan, keunggulan kompetitif & tarif
pelayanan
Tiga kelompok
proses pemasaran pelayanan
1.
Internal, pemasaran
pelayanan dilakukan melalui promosi internal, perawatan kemudahan, & role
model
2.
Interaktif, pemasaran
pelayanan dilakukan melalui rujukan interaksi individual & komunikasi
verbal
3.
Eksternal, pemasaran
pelayanan dilakukan melalui persiapan jasa, menetapkan harga, melakukan
distribusi & mempromosikan jasa bernilai superior terhadap pelanggan
▷ Casino Site ᐈ Best Live Dealer Casinos [2021]
BalasHapusRead Casino Site reviews, ratings, latest bonus codes & promotions - ⏩ Play at the best Live Casino Sites in the UK on LuckyClub.Live Casino Games: luckyclub.live Over 100+Withdrawal Times: 24 HoursMinimum Deposit: £10Welcome Bonus: Welcome Bonus of £10