quickedit{ display:none;

hello kitty

Sabtu, 16 Mei 2015

Tanggung Jawab Bidan


Ada beberapa Tanggung Jawab Bidan yaitu :

1.       Tanggung jawab terhadap peraturan perundang-undangan
Bidan adalah salah satu tenaga kesehatan. Pengaturan tenaga kesehatan ditetapkan dalam undang-undang dan peraturan pemerintah. Bidan harus dapat mempertanggungjawabkan tugas dan kegiatan yang dilakukannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2.       Tanggung jawab terhadap pengembangan kompetensi
Setiap bidan memiliki tanggung jawab memelihara kemampuan profesionalnya. Oleh karena itu bidan harus selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan jalan mengikuti pelatihan, pendidkan berkelanjutan, seminar dan pertemuan ilmiiah lainnya.
3.       Tanggung jawab terhadap penyimpanan catatan kebidanan
Setiap bidan diharuskan mendokumentasikan kegiatannya dalam bentuk catatan tertulis. Catatan bidan mengenai pasien yang dilayaninya dapat dipertanggung jawabkannya bila terjadi gugatannya. Catatan yang dilakukan bidan dapat digunakan sebagai bahan laporan untuk disampaikan kepada atasannya
4.       Tanggung jawab terhadap keluarga yang dilayani
Bidan memiliki kewajiban memberikan asuhan kepada ibu dan anak yang meminta pertolongan kepadanya. Ibu dan anak sangat erat hubungannya dengan keluarga. Tanggung jawab bidan tidak hanya pada kesehatan ibu dan anak, akan tetapi juga menyangkut pada kesehatan keluarga. Oleh karena itu, bidan harus mengerahkan segala kemampuan pengetahuan, sikap dan perilakunya didalam memberikan pelayanan kesehatan pada keluarga yang membutuhkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar